Kamis, 31 Maret 2011

RAHASIA CARTRIDGE CANON


ANDA PENGGUNA PRINTER CANON...
Ada baiknya menyimak rahasia ini !

Hampir bisa dikatakan, sebenarnya sewaktu kita membeli sebuah printer merek Canon, Pihak Canon hanya menjual cartridge-nya kepada kita, selebihnya termasuk mesin diberikan secara “Cuma-Cuma” alias GRATISSS. Mengapa demikian, ternyata ketika kita hendak mengganti cartridge dari printer tersebut, harga sepasang cartridge tersebut hampir berimbang dengan membeli sebuah printer baru. WOW !!

Lalu bagaimana caranya agar printer kita awet …. ?

Banyak yang tidak tahu kalau ternyata cartridge Canon menggunakan teknologi thermal untuk mengalirkan tinta waktu kita mencetak dokumen. Jadi tinta pada printer Canon mempunyai dua fungsi, selain berguna untuk mencetak, ternyata juga sebagai pendingin head cartridgenya.

Apabila kita memaksakan cartridge untuk mencetak dengan kondisi tinta sudah hampir habis, bisa mengakibatkan kerusakan pada head cartridgenya, karena pada waktu head cartridge melakukan pemanasan untuk proses cetak tanpa disertai tinta sebagai pendinginnya, maka akan ada komponen di head cartridge yang akan hangus sehingga cartridge tidak bisa digunakan lagi.

Ciri-ciri head cartridge yang tersumbat tinta kering adalah apabila kita test dengan tissue, akan kelihatan beberapa titik yang tidak mengeluarkan tinta, dan ketika kita melakukan test print, hasil print akan bergaris-garis putus. Cartridge dengan masalah ini masih bisa diselamatkan, caranya dengan mendatangi outlet-outlet pengisian ulang/refill.

Ciri-ciri head cartridge yang hangus bagian dalamnya adalah apabila kita test di tissue, hasil kelihatan sempurna tanpa tersumbat tapi apabila waktu kita test print ternyata hasilnya bergaris-garis.

Cartridge dengan masalah ini sudah tidak bisa diselamatkan.


Berikut tips-tips supaya cartridge Canon bisa digunakan untuk isi ulang / refill berkali-kali :

* Hentikan proses print / cetak apabila tinta sudah habis
* Segera isi ulang / refill
* Apabila belum sempat diisi ulang jangan biarkan cartridge di udara terbuka karena tinta yang ada di head cartridge akan mengering sehingga bisa menyebabkan penyumbatan head.
* Simpan cartridge tersebut dengan cara dimasukkan ke dalam bungkusan plastik lalu ditutup rapat.
* Cartridge yang dibiarkan kosong terlalu lama akan menyebabkan tinta di dalam mengering dan head cartridge akan tersumbat.
* Isi ulang / refill hanya menggunakan yang memiliki kualitas cetak setara tinta original dan tidak akan merusak head cartridge.

1 komentar:

  1. salam kenal gan?
    mw nanya gan, klw hasil pritnya bergarir-garis napa tuh? tapi lo paket settingan high hasilnya normal tapi lambat buanget, lo settingan tandar yah bergaris-garis lagi gan.
    mohon infonya

    BalasHapus