Selasa, 24 Mei 2011

MEMBUAT GAMBAR SILUET SENDIRI

Aktivitas bercermin merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh semua orang. Di cermin anda akan melihat refleksi wajah anda sendiri, namun tidak semua orang pernah melihat siluet wajahnya sendiri dari tampak samping. Memang tidak mudah untuk dapat melakukannya, karena dibutuhkan kondisi pencahayaan khusus dan bantuan orang lain untuk menggambar atau menggunting siluet wajah tampak samping anda. Berikut ini anda akan diberi tips praktis membuat siluet wajah dengan teknik kolase kertas memanfaatkan teks-teks atau foto-foto dari majalah bekas. Kreasi kolase siluet wajah anda dan keluarga akan menjadi elemen estetis interior ruang tamu yang atraktif dan unik.

Bahan & Peralatan yang dibutuhkan:
Kertas karton putih, kertas karton warna (misalnya: merah atau hitam) untuk alas siluet, lampu sorot atau lampu baca, spidol/pensil, gunting kertas, lem kertas atau lem putih, teks-teks atau foto/gambar dari majalah dan bingkai kaca siap pakai.

Prosedur pembuatan :
1. Sebelum mulai bekerja, siapkan bahan dan alat yang diperlukan agar memudahkan proses kerja anda. Langkah kerja yang memerlukan persiapan khusus adalah memilih jenis teks dan foto/gambar yang sesuai dengan karakter diri anda atau orang lain. Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan mengingat diperlukan proses refleksi pengenalaan kualitas pribadi diri sendiri atau orang lain. Walau prosesnya bersifat sangat personal namun mengasyikan proses pembuatannya.



Foto 1: Bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan Kolase Siluet Wajah.


2. Gambar siluet wajah dengan bantuan lampu sorot atau lampu baca yang dipantulkan ke dinding yang telah ditempeli karton putih. Perhatikan dan amati baik-baik bayangan atau siluet wajah yang terlihat lalu gambar dengan pensil atau spidol. Lakukan proses ini dengan cermat agar karakter siluet terlihat lebih personal.



Foto 2 : Gambarlah siluet pada kertas kartun putih menggunakan pensil atau spidol.

3. Selanjutnya gunting gambar siluet wajah pada karton putih bagian demi bagian hingga terbentuk siluet wajah tampak samping secara utuh.



Foto 3 : Gunting siluet wajah mengikuti gambar wajah tampak samping. Kerjakan dengan cermat agar karakter wajah tidak berubah

4. Gunting bagian teks dari artikel di majalah-majalah yang anda rasakan cocok untuk merepresentasikan karakter diri anda atau orang lain. Lalu tata potongan kertas dan foto-foto/gambar tersebut pada kertas karton berbentuk siluet wajah sesuai selera artistik anda. Jika keseluruhan komposisi kolase kertas dirasakan telah serasi, menyatu dengan makna konsep diri yang ingin direpresentasikan maka selanjutnya anda dapat memberinya lem perkat. Pastikan seluruh karton putih telah terisi oleh teks dan gambar/foto.



Foto 4 : Pilih kolase teks dan gambar atau foto yang dapat merepresentasikan karakter diri anda.

5. Tempel siluet wajah yang telah berhiaskan kolase teks dan gambar/foto pada alas karton berwarna. Anda dapat memilih jenis warna karton sesuai selera anda atau disesuaikan dengan warna-warna yang dominan muncul dalam komposisi unsur kolase teks dan foto.





Foto 5 : Penempelan siluet

6. Hasil kreasi kolase yang anda ciptakan dapat anda kembangkan menjadi “Album Siluet” atau “Hiasan Dinding” yang menarik, penuh kesan dan kenangan.





Foto 6 : Hasil kreasi

bahan : http://caniga.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar